Sepuluh Tempat Terkeren di Seoul yang Wajib Kamu Kunjungi (Bag 1)

781

Hallooo, kita bertemu lagi di postingan kali ini. Masih membahas soal Korea tentu saja. Setelah kita Hunting Tiket dan menyiapkan semua tetek bengek untuk liburan akhir musim dingin di Seoul, saatnya kita intip dulu nih, lokasi yang wajib dan kudu kalian kunjungi kalau ke sana.

Jadi, Korean Wave atau Hallyu Wave yang kita tahu sekarang ini, sudah dimulai sejak tahun 1990an lho. Sebagai generasi 90an, aku lumayan kena sih saat itu. Hahahaha... tapi dulu masih sebatas drama koreanya saja, seperti Full House, Winter Sonata, Stairway To Heaven, dan Ordinary People. (Eh, yang terakhir mah Dorama Jepang, yak! 😆 ). Nah, tahu nggak sih, kalau drama-drama itu mengambil tempat-tempat keren yang ada di Seoul yang wajib kalian kunjungi kalau traveling ke sana? Biar nggak terlalu pusing, kita perkecil aja dulu menjadi sepuluh tempat.

Oke, berikut sepuluh tempat terkeren di Seoul yang wajib kamu kunjungi, nih!

1. Cheonggyecheon. 
 
Tempat wisata ini dipakai untuk syuting film We Got Married. So, apa istimewanya sih? Lokasi ini berupa aliran sungai buatan yang tidak terlalu besar, atau sebut saja Cheonggyecheon Stream. Cheonggyecheon Stream ini panjangnya 10,84 km dari selatan Gwanghwamun Square sampai Dongdaemun. Melewati situs-situs bersejarah korea sampai Seoul masa kini. Dulunya, tempat ini merupakan tempat mencuci dan taman bermain. Tentu saja sekarang tempat ini sudah dipercantik sedemikian rupa, kalau malam hari lampu bersinar warna-warni, sehingga tempat ini cocok banget buat bersantai, menghabiskan waktu setelah penat bekerja seharian, atau menyusuri spot-spot bersejarah di sepanjang aliran sungai.

Oh ya, Seoul Lantern Festival juga diadakan di lokasi ini setiap bulan NOVEMBER lho. Jadi kalau kalian ke sana pada bulan ini, pastikan kalian ke tempat ini ya.

Lokasi ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 15 menit dari Exit 5 Gwanghwamun Stasion (Subway Line 5 yang warnanya ungu).


Sumber : http://english.visitseoul.net/attractions/Cheonggyecheon-Stream_/35

Sumber : https://preparetravelplans.com/cheonggyecheon-stream-guide

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Cheonggye_Plaza.jpg


2. Namsangol Hanok Village. 

Lokasi wisata ini merupakan desa dari periode Joseon yang sampai kini masih terjaga keasliannya. Di tempat ini bisa jumpai Hanoks (Rumah tradisional Korea), Paviliun dan bahkan kolam-kolamnya, yang masih terjaga dengan baik. Di tempat ini, kamu bisa mencoba memakai Hanbok (pakaian tradisional Korea), dan mendapatkan foto sebagai Bangsawan Korea di masa lalu. Di tempat ini kita juga bisa membuat kerajinan tangan tradisional, seperti cermin, atau berlatih menulis kaligrafi. Tapi tentu saja program-program itu berbayar dan butuh reservasi. 

Tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00-21.00. Kecuali hari Senin (libur). Biaya masuk ke dalam Hanok berkisar 4000 - 10.000 won.

Lokasi ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama tiga menit dari Exit 3 atau 4 di Chungmuro Station (Subway line 3 (orange) atau 4 (biru)).

Nah, Namsangol Hanok Village ini sering dipakai syuting TV Show Infinite Challenge lho!



Sumber :
http://iamontheroad.net/blog/bukchon-hanok-village-vs-namsangol-hanok-village/?ckattempt=1

3. N Seoul Tower.

Aduh, siapa sih yang nggak tahu tower yang satu ini? Kayaknya tempat ini yang paling banyak - kudu - didatangin deh ^^. 

Tower setinggi 236,7 m ini berlokasi di Namsan Park. Lokasinya juga agak tinggi ya, jadi untuk sampai ke lokasi bisa naik Cable Car. Tapi kalau memang ingin berjalan kaki, jalur yang dilalui sudah sangat memadai. Di tempat ini, kita bisa menikmati landscape kota Seoul dari ketinggian. Kita juga bisa naik ke puncak menaranya dan menikmati pertunjukan laser dari ruang observatory yang ada di lantai dua dan tiga. Oh ya, biaya untuk masuk ke observatory itu sekitar 10.000 won untuk dewasa, dan 8000 won untuk anak-anak. Jam Buka Observatory mulai pukul 10.00-23.00. Khusus hari Sabtu akan buka sampai pukul 24.00.

Di sekitar menara ini juga ada yang namanya gembok cinta lho! Jadi kalau kalian ingin mengabadikan cinta kalian bersama pasangan boleh juga. Selain gembok, bisa juga dengan menuliskan pesan di gantungan kunci, gantungan handphone, atau apapun itu yang bisa digantung di pagar kawatnya. Hehehehe.... 

Pada musim-musim tertentu, di lapangan depan menara juga ada pertunjukan gratis lho. Atau kalau mau masuk ke museum Helo Kitty juga boleh, tapi bayar. Kalau nggak mau, bisa masuk ke toko khusus yang menjual pernak-pernik Helo Kitty, asli lucu-lucu banget! Tapi harganya emang lumayan.

Sedangkan untuk biaya naik cable car : Round Trip 8500 won, single trip 6000 won. Untuk anak-anak Round Trip 5500 won, dan single trip 3500 won. Bedanya kok sedikit ya? Jadi lebih baik ambil Round Trip? Menurut saya sih, nggak juga. Kali aja kan karena nggak kuat nanjak, berangkatnya kalian naik cable car, tapi pas baliknya turun aja berjalan kaki. Pasti lebih seru! ^^ 

Untuk ke Namsan Park/Namsan Tower, kita bisa naik Subway dan turun di Hoehyeon Station (Subway Line 4 biru). Keluar melalui Exit 1 Banporo menuju Namsan. Nah, jalur akan bercabang, pilih Tunnel no 3. Setelah keluar, kalian bisa naik dengan menggunakan Slope Elevator (Elevatornya miring gitu naiknya).

N Seoul Tower mungkin sudah sering dipakai syuting film. Tapi kalian pasti tahu dong, K-Drama My Love From The Star. Nah, drama ini mengambil latar tempat ini juga nih! Keren ya!
   
www.ninnarosmina.com
Lebih seru bacain pesan-pesan yang tertulis di sana sebenarnya :D

www.ninnarosmina.com
Tampak Depan menaranya. Tapi sayangnya ga dapat keseluruhan menara 

www.ninnarosmina.com
Pemandangan Landscape kota Seoul dari salah satu teras

www.ninnarosmina.com
Pertunjukan yang bisa dinikmati gratis saat event-event tertentu 

www.ninnarosmina.com
Kereta lucu di salah satu teras menara

www.ninnarosmina.com
Tangga yang didesain dengan kreatif

4. Gyeongbokgung Palace.

Istana Gyeongbokgung merupakan Istana kerajaan pertama yang dibangun pada masa dinasti Joseon, serta tempat bersejarah selama 500 tahun masa kejayaan dinasti ini. Ada lima Istana terbesar terletak di Seoul. Dan Istana Gyeongbukgung sendiri menawarkan kilasan budaya kerajaan dinasti Joseon, kehidupan istana, serta bangunan berarsitektur tinggi. Kita bisa mempelajari kebudayaan kerajaan di National Palace Museum of Korea yang letaknya tepat di sebelahnya. 

Tiket masuk untuk turis asing berusia 19-64 tahun : 3000 won. 
Sedangkan untuk 7-18 tahun : 1500 won. 

Di istana ini biasanya akan ada upacara pembukaan gerbang kerajaan dan pergantian pengawal kerajaan sebanyak dua kali sehari yaitu pukul 10.00 pagi dan 14.00 siang. Oh ya, tidak ada event pada hari Selasa ya. 

Istana ini bisa kita capai dengan lima menit berjalan kaki dari Exit 5 di Gyeongbokgung Station (Subway line 3 orange). 

Sedangkan untuk National Palace Museum, tidak ada biaya masuk. Jam operasional pukul 10.00 - 18.00. Khusus hari Sabtu akan buka pukul 10.00 - 21.00. Untuk mencapai Museum ini bisa berjalan kaki selama lima menit dari Exit 2 Gwanghwamun Station (Subway line 5 ungu). Karena letak museum dan istana bersebelahan, kalian bisa ke istana melalui jalur ini juga.

Istana ini pernah dipakai untuk syuting K-Drama Moon Embracing The Sun lho! Sudah nonton belum? Gimana menurut kalian?

www.ninnarosmina.com
Pintu masuk Istana Gyeongbokgung dari arah Nastional Palace Museum

www.ninnarosmina.com
Pintu masuk Museum Kerajaan



www.ninnarosmina.com
Salah satu pakaian Raja di dalam museum


5. Deoksugung Palace.

Istana ini dibangun selama masa dinasti Joseon. Tempat bersejarah ini memainkan peran yang penting dalam sejarah Korea modern. Selain itu, tempat ini juga merupakan basis bagi Daehanjeguk atau Kerajaan Korea. Istana ini merupakan satu-satunya istana di Seoul yang mendapatkan sentuhan arsitektural barat seperti taman, air mancur, dan istana kerajaan. Tempat ini merupakan jembatan bagi masa lalu dan masa modern. Di istana ini kita juga bisa menyaksikan pergantian pengawal kerajaan yang dilaksanakan setiap hari di pintu utama (disebut Sumumjang). Pergantian pengawal bisa kita saksikan setiap pukul 11.00; 14.00; 15.30. 

Untuk turis asing, tiket masuk usia 19-64 tahun : 1000 won; sedangkan usia 9-18 tahun : 500 won. Jam operasional pukul 09.00 - 21.00. Loket ditutup pukul 20.00. Khusus hari Senin, istana ini ditutup. 

Di sekitar istana ini, terdapat lokasi yang disebut Deoksugung Doldam-gil, yaitu sebuah jalanan berbatu yang telah dirancang sebagai salah satu dari 100 jalanan terindah di Korea Selatan. Tempat ini bisa kita nikmati sambil berjalan santai, di mana kita akan dikelilingi oleh barisan pepohonan dan dinding batu yang terlihat tua. Hehehe.

Istana ini pernah dipakai untuk lokasi acara Infinite Challenge juga. 





   
Wah, postingan kali ini udah terlalu panjang ya! Bersambung ke bagian dua ya di sini ^^

Komentar

Popular

Selain Cantik, Muslimah pun Butuh Sehat dan Fit

Bali Honeymoon Day1

1st Flight Kuala Lumpur Part 3