Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia 2017

781
Seneng deh, akhirnya keinginan tahun kemarin yang enggak bisa datang ke acara MUFFEST, bisa terwujud tahun ini. Jadi tamu undangan pulak, walaupun sebagai blogger, karena sebenarnya berharap jadi desainer. (Sekolah dulu sana!) ;p Berikut laporannya ya, kakak-kakak dan adik-adik ;)



Muslim Fashion Festival Indonesia 2017 berlangsung selama 4 hari, 6 April - 9 April 2017, berlokasi di Jakarta Convention Centre (JCC), yang diikuti oleh 200 desainer, 150 brand dan dengan jumlah pengunjung diperkirakan 50.000. Wow, seru ya baca seluruh data tersebut. Bisa kebayang enggak sih seperti apa keseruan acara ini? Sudah bisa dipastikan ada puluhan fashion show yang digelar di acara ini. Mulai dari para desainer senior sampai desainer muda dengan karakter rancangan yang beragam : gaya konvensional, kontemporer dan Syar'i, di antaranya Irna Mutiara, Hannie Hananto, Monika Jufry, Najua Yanti, Nuniek Mawardi, Sofie, Barli Asmara, Rani Hatta, Astri Lestari, Khanaan Shamlan, Rosie Rahmadi, Oki Setiana Dewi, dan Annisa Hasibuan. Serta sejumlah desainer yang tergabung dalam asosiasi Indonesian Fashion Chamber (IFC), Hijabersmom Community, Ikatan Perancang Busana Muslim Indonesia, Indonesia Modest Fashion Designer, dan Islamic Fashion Institute. Ada pastisipasi dari desainer luar negerinya lho, yaitu Uni Emirat Arab dan Turki.






Sektor industri pakaian muslimah atau yang disebut dengan modest wear, tengah menjadi perhatian global. Tak terkecuali di Indonesia, fashion muslim mengalami perkembangan yang sangat pesat, seiring dengan misi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia tahun 2020. Salah satu upaya mewujudkan cita-cita tersebut, Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo sebagai event organizer, menyelenggarakan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) Indonesia, di mana event ini bertujuan untuk mempertemukan para pelaku industri fashion muslim di Indonesia dan Internasional. Event ini juga didukung oleh Kementrian Koordinator bidang Perekonomian Republik Indonesia, Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, Kementrian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, dan Kementrian Perdagangan Republik Indonesia.

sambutan pembukaan

acara MUFFEST 2017 resmi dimulai


"Muslim Fashion Festival Indonesia 2017 kembali mengarahkan pada meningkatkan kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar dapat bersaing di pasar global. Sekaligus memasarkan keunggulan busana muslim Indonesia yang diarahkan pada ready to wear craft fashion dengan mengoptimalkan kekayaan budaya lokal yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting." Ungkap Deden Siswanto, Project Director MUFFEST 2017.

MUFFEST 2017 ini merupakan tahun kedua event ini, akan ditampilkan fashion show dengan mengusung konsep "Digitarian: Smart, Young & Ethical Generation." Selain fashion show, ada beragam acara lainnya seperti Talk Show, make over dan games. Selain fashion show, tentu saja ada banyaaaak sekali stan-stan yang menjual pakaian-pakaian muslimah yang bagus dan keren-keren. Yah, kalau kita mau ngubek-ngubek, pasti dapet kok barang bagus dengan harga yang murah, karena di acara ini tidak sedikit para peserta pameran yang mendiskon barang mereka. Pasti mupeng, deh! Aku aja mupeng dan pengen borong semuanya.

detailnya cantik banget ya




di sini banyak diskonnya lho








kita bisa narsis dulu di sini sebelum masuk ke ruang pameran ^^

Intinya, datang ke acara ini walaupun cuma sekali, bikin mupeng deh! Mungkin sebaiknya aku nahan diri untuk enggak belanja setahun ini sampai tiba saatnya MUFFEST 2018 biar bisa borong banyak ya! Hihihihi... tapi kayaknya enggak bisa kalau nahan setahun enggak belanja -___-' Dari segi harga pakaian di acara ini, sebenarnya banyak kok yang tidak terlalu mahal. Rata-rata memang sekitaran 200-300 untuk pakaian kasual. Tapi kualitasnya memang oke punya, bahannya halus dan bagus. Kalau gamis itu sekitaran 400-500. Harga standar, di Tham*** Ci** aja harganya juga sudah segitu kok untuk gamis-gamis. Dan untuk beberapa desainer, harganya bisa sampai jutaan sih. Lumayan lah walaupun enggak kebeli yang jutaan, bisa pegang-pegang. Hehehe....

Aku excited banget bisa datang ke acara ini. Walaupun aslinya cuek, tapi karena punya suami fashion police, sedikit banyak aku harus tahu dan paham masalah fashion. Makanya bisa datang ke sini seneng banget. Maunya sih sama suami, biar bisa minta dibeliin yang aku mau. Tapi apalah daya... suaminya sibuk. Lalu, karena aku merupakan tamu undangan sebagai blogger, dapat ID Card dong, jadinya aku bisa bebas keluar masuk ruangan media center. Aku bisa makan dan minum sepuasnya di sana. Tapi ogah lah bolak-balik ke sana, kurang kerjaan. Padahal banyak banget yang harus dilihat-lihat di acara ini. Hehehe...

dibikinin kopi sama mamasnya, baik ya dihias begini.
seumur-umur baru kali ini aku minum kopi yang ada gambar daunnya ^-^

Jadi, sampai jumpa di MUFFEST tahun depan ya ;) Can't wait!


Komentar

  1. Duuh liat koleksinya yang ditampilkan jadi ngiler aku mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa... pengen beli semuanya lho jadinya T_T

      Hapus
  2. Sekarang baju muslim banyak yang bagus-bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bukan banyak lagi. Banyak banget. Tapi emang bagus2 banget sih mbak

      Hapus
  3. Wah..ga boleh ketinggalan nih Muffest 2018 kira2 bulan apa ya, Ninna? Aku belum pernah datang ke event seperti ini 😄 desainernya kreatif dan masih muda ya...makin muda makin berkarya nih 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak, aku sih berharapnya diundang lagi biar bisa nonton fashion shownya lagi. hehehehe

      Hapus

Posting Komentar

Hallooo, senang banget kalian sudah mampir dan memberikan komentar di sini ^^

Popular

Bali Honeymoon Day1

Selain Cantik, Muslimah pun Butuh Sehat dan Fit

Under The Sky