Liburan ke Brunei Darussalam? Nggak Kalah Seru dari Negara Lain


Istana Nurul Iman
Source : kabarmakkah.com

Pernah nggak sih membayangkan bakal liburan ke Brunei Darussalam? Meski letaknya dekat, namun negara ini memang masih kalah populer dari Malaysia, Singapura, dan destinasi wisata dalam negeri. Padahal nih, Brunei juga punya banyak tempat wisata indah yang nggak bakal kamu temui di tempat lain.

Buat kamu yang niatnya keliling Asia Tenggara, wajib banget mampir ke Brunei Darussalam. Kalau nggak, tur Asia Tenggaramu jadi nggak lengkap dong. Sebelumnya simak petualangan aku di Malaysia (baca: di sini)

Tapi, apa saja sih yang bisa kamu lakukan di Brunei? Kira-kira seperti apa Brunei itu?

Istana Nurul Iman

Sudah tahu kan kalau Brunei Darussalam itu negara kerajaan yang dipimpin oleh seorang Sultan. Keluarga kerajaan Brunei Darussalam tinggal di Istana Nurul Iman yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei.

Istana ini sangat megah, dibangun di atas tanah seluas 200.000 meter persegi. Di dalamnya ada kubah emas, dan baik interior maupun eksterior istana ini sangat mewah.

Kalau kamu liburan ke Brunei waktu Lebaran, kamu bisa masuk ke dalam istana dan bertemu dengan Sultan. Tiap Lebaran, keluarga kerajaan Brunei membuka pintu untuk warga yang ingin halal bi halal dengan Sultannya. Asyik ya.

Baca juga: Petualangan berlibur ke Thailand

Masjid James 'Asr Hassanil Bolkiah

Nggak cuma kubah di istana kerajaan yang berlapis emas, kubah-kubah di Masjid James 'Asr Hassanil Bolkiah juga dilapisi dengan emas asli. Nggak tanggung-tanggung, kubah emas yang ada di masjid ini jumlahnya 29! Semuanya pakai emas asli, bukan kw apalagi sepuhan. Kebayang kan megahnya seperti apa.

Masjid James 'Asr Hassanil Bolkiah
Source: wikipedia.org

 Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Masjid James 'Asr Hassanil Bolkiah boleh punya 29 kubah emas, tapi masih kalah megah dibanding dengan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Tak hanya berhias 28 kubah yang megah, Masjid ini juga akan nampak bersinar di malam hari. Sangat menakjubkan.

Kampong Ayer

Italia punya Venesia, Brunei punya Kampong Ayer yang dikenal sebagai desa terapung terbesar di dunia. Kampung ini berada di atas permukaan air dan kalau kamu mau kemana-mana, harus naik perahu atau yang mereka sebut dengan taksi air. Antar rumah warga dan berbagai fasilitas di sana dihubungkan dengan trotoar unik yang juga mengapung di atas air.

Billionth Barrel Monument

Sudah tahu kan Brunei kaya dari apa? Ya, mereka adalah salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Saat ini, posisi Brunei adalah negara nomor 4 penghasil minyak mentah di dunia. Pada tahun 1991, Brunei membangun Billionth Barrel Monument sebagai tonggak kesuksesan mereka mendulang minyak dan gas alam cair sebesar 1 miliar barrel. Pantas saja mereka sangat kaya ya.

Billionth Barrel Monument
Source: wikimapia.com

Keliling Bandar Seri Begawan

Penduduk Brunei Darussalam tidak banyak, dalam catatan tahun 2016 populasi negara ini hanya sekitar 400 ribu jiwa saja. Kamu nggak akan menemukan kemacetan atau riuh rendah kehidupan malam di sana.

Tapi ini justru yang menjadi keunikan Brunei. Kamu bisa berjalan-jalan dengan santai di malam hari. Menyusuri kota dengan tenang dan damai.

Siapkan tiketmu!

Nggak ada maskapai yang lebih cocok buat terbang ke Brunei daripada Royal Brunei. Maskapai ini kebanggaan masyarakat Brunei dan memiliki kualitas yang sangat bagus. Cara beli tiketnya pun nggak susah, karena kamu bisa cari tiket Royal Brunei di Traveloka.

Terbang dengan Royal Brunei juga nggak bakal menguras kantong kamu. Apalagi di Traveloka sering ada promo, termasuk untuk penerbangan Royal Brunei. Jadi kamu bisa menghemat biaya dan dipakai buat jalan-jalan dan mencicipi wisata kuliner di Brunei Darussalam.

Yuk, terbang ke Brunei!

Komentar

  1. Wah..Istana Nurul Iman megah, mewah bikin berdecak kagum deh. Jadi pengen jln2 ke sana. Pa kabar jeng Ninna?

    BalasHapus
  2. Iya, mbak @nurul, ayo jalan ke sana. Alhamdulillah baik, kapan-kapan jalan yuk! ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Hallooo, senang banget kalian sudah mampir dan memberikan komentar di sini ^^

Popular

Bali Honeymoon Day1

Reality show korea paling mahal "Let Me In"

Under The Sky