KDrama : GOBLIN

781

OK, kali ini postingannya bakalan lain dari sebelumnya. Biasanya kan saya menulis soal traveling, pengalaman, dan buku ya. Kali ini, saya mau ngomongin soal KDrama aja deh. Biar kekinian gitu. Huehehehehe....

Dan seperti perempuan lainnya yang saat ini sedang baper-bapernya dengan drama Goblin, atau kalau judul Koreanya 'Guardian : The Lonely and Great God', saya pun akan ikut membahas tentang drama ini.

Jadi, selain karena saya suka banget sama tokoh utamanya yaitu KIM SHIN yang dimainkan oleh aktor ganteng Gong Yoo, kisahnya sendiri ternyata benar-benar Sorrowfull Love, Cinta yang benar-benar menyedihkan, menunggu ratusan tahun hanya demi Pertama dan Terakhir sang Pengantin Goblin.



Dan, bukan bermaksud spoiler bagi yang belum menontonnya, saya akan meringkas terlebih dahulu kisahnya ya.

Adalah Kim Shin, seorang jenderal perang dari kerajaan Goryeo yang begitu dicintai dan disegani oleh rakyatnya. Dia bersumpah setia untuk selalu menjaga raja Goryeo berikutnya yaitu Wang Yeo. Sayangnya, di samping Wang Yeo berdiri seorang penasihat yang licik, bernama Park Jung Woon. Sebenarnya Park Jung Woon bermaksud merebut singgasana kerajaan itu sendiri dan menjadi raja. Namun sesuai hukum kerajaan, kalau yang berkuasa adalah keturunan berikutnya, hal itu tentu saja menjadi batu sandungan bagi sang penasihat. Maka dengan liciknya, beliau meracuni semua keturunan raja, sehingga mati muda, termasuk Wang Yeo. Rencananya terganggu ketika sang raja muda dijodohkan dengan adik dari sang Jendral bernama Kim Sun. Sang Penasihat pun berusaha meracuni Kim Sun dengan memberi jamu yang perlahan-lahan membuat lemah, jamu yang sama yang diberikan pada raja sebelumnya. Tapi Wang Yeo marah dan memerintahkan agar Kim Sun tidak boleh sedikit pun meminum jamu tersebut.

OK, dari sini, jadi sebenarnya sang raja sudah tahu dong niat jahat penasihat tersebut? Hmm.... tapi karena sepanjang hidupnya yang ada di sisinya adalah sang penasihat, Wang Yeo muda tidak berdaya untuk menyingkirkan. Mungkin baginya saat itu sang penasihat sudah seperti orang tuanya ya. Bagaimana pun dia masih labil dan mudah dipengaruhi.

Kemudian, dengan bisikan-bisikan dari sang penasihat yang mengatakan kalau rakyat lebih suka dan mencintai Panglima Kim Shin daripada raja sendiri, Wang Yeo pun merasa cemburu. Beliau tidak mau membunuh Wang Yeo, atas bisikan penasihat, jadi beliau memakai cara halus, yaitu dengan mengirim sang panglima sejauh mungkin dari pusat kerajaan. Bahkan dengan terang-terangan beliau memberi isyarat agar Kim Shin tidak usah kembali lagi.

Tapi, Kim Shin terlalu terbebani oleh janjinya pada raja yang sebelumnya, agar selalu melindungi raja muda yang sekarang, selalu berada di sisi sang raja muda. Sebenarnya, Kim Sun, sang permaisuri sekaligus adik dari Kim Shin, sudah mengatakan terang-terangan pada Wang Yeo, kalau musuh dia adalah Park Jung Woon, sang penasihat. Namun, karena sudah dibutakan oleh rasa cemburu, Wang Yeo tidak mau mendengarnya.

Maka, terjadilah tragedi itu. Di mana Kim sun, semua bawahan yang setia pada Kim Shin dan juga Kim Shin sendiri, mati. Karena tragedi ini jugalah sang Dewa memberikan berkahnya.

"The souls of your people are saving you. However, the blood of thousands (people) are on your sword as well as the blood of your enemies who're also descendants of deities. You shall be immortal and watch your loved ones die. You won't forget a single death as this is the award I give you and the punishment you shall receive. Only the Goblin's bride shall remove the sword. Once the sword is removed, you shall return to ash and be at peace." 

Jadi, itulah berkah sekaligus hukuman dari sang Dewa bagi Kim Shin. Dia pun menjadi immortal, tidak bisa mati, tidak menua, dan memiliki kekuatan.

"He (Goblin) is... the water, the fire, the wind, the light and the dark. And he was once human."

Sebuah berkah dan sekaligus hukuman. Dimana dia tidak akan pernah melupakan kematian orang-orang yang setia dan dia sayangi.

"I once desired my endless life a reward, but in the end it's a punishment." - Kim Shin.

Berkali-kali dia mencoba untuk mencabut pedangnya sendiri, dan sia-sia. Karena hanya pengantin goblinlah yang bisa mencabut pedang tersebut.

Maka, ratusan tahun (tepatnya lebih dari 900 tahun) dia menunggu. Ternyata, pengantin Goblin itu, dia sendiri lah yang menandainya. Ketika seorang wanita hamil dalam keadaan sekarat karena tabrak lari, memohon dengan putus asa berkah Dewa, untuk menyelamatkan bayi dalam kandungannya. Sang Goblin pun mendengar doa tersebut dan saat itu dia sedang baik hati. Maka, dia pun menyelamatkan sang ibu dan janin di dalam kandungannya.

Pengantin Goblin itu ialah Ji Eun Tak, seorang anak perempuan yang menjalani hidup dalam kesusahan namun memiliki karakter yang positif dan periang. Umur 9 tahun, Eun Tak ditinggalkan oleh sang ibu. Kemudian dia dirawat oleh sang bibi. Namun, daripada dirawat, lebih tepatnya dia seperti dijadikan pembantu oleh keluarga bibinya. Namun, Eun Tak tetap menjalani hidupnya dengan positif dan semangat walaupun menderita. Oh ya, karena sentuhan tangan Goblin, Eun Tak jadi memiliki kemampuan untuk melihat hantu/arwah bahkan Grim Reaper dan berkomunikasi dengan mereka.

Pada saat ulang tahunnya yang ke 19, Eun Tak memohon pada Dewa untuk membantu hidupnya. Di tangannya ada kue tart dan sebatang lilin. Dia pun meniup lilin tersebut. Dan ajaib, sang Goblin terpanggil. Dan itulah pertama kalinya mereka bertemu.

******

OK, jadi itu kurang lebih sekilas dari latar belakang kisahnya ya. Untuk selanjutnya, lebih baik kalian menontonnya aja langsung.

Secara keseluruhan, drama Goblin ini benar-benar sedih walaupun tentu saja dikemas dengan adegan-adegan lucu yang heart warming, membuat kita sebagai penonton senyum-senyum dan berdebar-debar sendiri. Padahal, secara keseluruhan kisah Goblin ini benar-benar, (saya ulang) benar-benar sedih banget. Coba deh, kalian pikirkan. Selama 900 tahun kalian menunggu cinta sejati. Berarti enggak pernah merasakan cinta dong? Enggak pernah dibelai oleh wanita. Hanya menunggu, mencampuri hidup manusia dengan memberikan satu atau dua keajaiban. Kok, bisa ya?

Udah gitu, ketika bertemu sang Pengantin Goblin, pedangnya harus dicabut dan dia akan berubah menjadi debu. Hal ini bisa masuk akal kalau rasa itu tidak ada. Oleh sebab itu, awalnya sang Goblin bermaksud mencabut pedang itu secepatnya, sebelum perasaannya tumbuh semakin dalam pada Eun Tak. Tekadnya semakin bulat ketika dia menyadari perasaannya, di mana Eun Tak merupakan cinta pertamanya.

"Mass isn't proportional to volume. 
A girl as small as a violet, 
a girl who moves like a flower petal - 
is pulling me toward her with more force than her mass. 
Just then, like Newton's apple, 
I rolled toward her without stopping until I fell on her with a thump.
My heart keeps bouncing between the sky and the ground.
It was my first love." - KIM SHIN


Lirik quotesnya so sweet banget ya. Sediiih... apalagi pas diucapin pakai bahasa Koreanya. Belum lagi ada saat di mana mendadak sang Goblin bisa melihat masa depan Eun Tak ketika sudah berusia 29 tahun. Iya, salah satu kelebihan sang Goblin adalah bisa melihat kilasan masa depan seseorang, tentu saja tidak mendetail hanya garis besarnya. Sang Goblin tertegun ketika melihat kilasan masa depan tersebut. Bahkan air matanya sampai menetes.

"At the age of 29, you're still shining. But I am not by your side. My life of eternity has finally come to an end. Times after my death, you are still here. You have forgotten me and your life is perfectly complete with me gone. I have to disappear to make you smile. In the end, that's the decision I've made." - KIM SHIN

Banyak banget quote-quote sedih di dalam drama ini. Belum lagi ditambah dengan Original Soundtracknya yang asli keren banget. 

4. Beautiful, Crush aku suka banget yang ini
6. Who are you, Sam Kim ini juga sedih banget

OK, jadi selain kisah cinta Kim Shin dan Ji Euntak yang membuat hati teriris-iris, kisah cinta sang Grim Reaper dan Kim Sun a.k.a Sunny pun enggak kalah bikin hati teriris. Jadi, walaupun kita dibuat tertawa-tawa dengan drama ini, padahal inti kisahnya bikin nangis bombay. Makanya sampai saat ini aku susah banget move on nya dari drama ini. 

Dari pada penasaran, mendingan nonton langsung deh. Atau mau dengerin OSTnya boleh kok! 
Sebagai penutupan aku kasih aja photonya Wang Yeo deh! Siapa ya ini? Hihihihi





Komentar

  1. Aku memutuskan g dl dan baca sinopsis drama korea lg sejak setahun lalu. Tapi, review goblinnya bagus.. Bikin penasaran. :)

    BalasHapus
  2. @Chika iya, makasih ya mbak sudah mampir ^^

    BalasHapus

Posting Komentar

Hallooo, senang banget kalian sudah mampir dan memberikan komentar di sini ^^

Popular

Bali Honeymoon Day1

Reality show korea paling mahal "Let Me In"

Under The Sky